Strategi dan Cara Menghitung Bunga Deposito

Sebagai masyarakat modern, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah deposito dalam suatu urusan perbankan. Mengetahui strategi dan cara menghitung bunga deposito menjadi hal penting agar Anda bisa mempersiapkan investasi untuk masa depan dengan baik dan benar.

Strategi Jitu Agar Deposito Jadi Investasi Menguntungkan

Deposito berjangka memang menjadi salah satu pilihan investasi yang menguntungkan bagi mereka yang paham dengan alurnya. Pengambilan jangka pendek maupun panjang juga turut mempengaruhi keuntungan yang didapatkan. Agar tidak mengalami kerugian bisa ikuti cara-cara berikut ini:

  1. Tentukan dengan Tepat Pengambilan Jangkan Investasi

Pertama melakukan survei dan pengamatan dulu, baru tentukan seberapa lama Anda akan melakukan penyimpanan dana dalam deposito berjangka. Hal yang perlu diingat adalah jangka waktu simpan turut mempengaruhi juga tingkat suku bunga yang akan didapatkan. Untuk itu coba cek kebutuhan pribadi.

Pemilihan jangka waktunya ditentukan sesuai dengan kebutuhan, yaitu kapan Anda akan menggunakan dana tersebut. Kemudian konsultasikan dengan teller dan lakukan pencairan dana sebelum jatuh tempo berjangka. Sebab jikalau lebih bisa-bisa malah kena cas tambahan untuk membayar.

  1. Membandingkan Suku Bunganya

Selanjutnya adalah melakukan perbandingan terhadap suku bunga. Saat Anda akan memilih bank pastikan sudah tau suku bunga yang ditawarkan oleh mereka. Pasalnya setiap bank pastinya memiliki tingkatan yang berbeda-beda dalam memberikan hal tersebut. Banyak kok bak dengan nilai kompetitif.

Manfaat Jika Anda melakukan perbandingan diantaranya adalah bisa digunakan sebagai jaminan penjamin saat suatu waktu tidak bisa menyetor. Biasanya tersedia juga dalam berbagai mata uang, jadi bisa digunakan di berbagai negara, kemudian akan mendapatkan jangka waktu sesuai keinginan.

Cara Menghitung Bunga Deposito

Sampai sekarang masih banyak sekali orang belum mengerti bagaimana cara untuk menghitung bunga deposito dengan benar agar tidak mudah ditipu oleh bank. Pengetahuan ini memang dasar, namun tidak semua tahu akan hal tersebut. Jadi silahkan perhatikan penjelasan berikut ini:

Perhitungan yang perlu dilakukan sederhana, yakni cukup dengan jumlah uang simpanan x bunga per tahun x tenor. Misalkan contoh kasus: Erwin punya kelebihan simpanan atau deposito sebanyak 5 juta di bank dan akan disimpan selama 3 bulan, sedangkan bunga yang ditawarkan adalah 7,5%. Begini cara menghitungnya:

Rumus Bunga Deposito :

Jumlah uang simpanan x bunga per tahun x tenor = pendapatan bunga deposito (per bulan)

= Rp 5 juta x 7,5% x 3 :12 = Rp 93. 750

Jadi bisa dihitung sendiri berapa banyak keuntungan akan didapatkan per tahun berdasarkan Bunga perbulannya.

Nah sekarang sudah tau bagaimana cara menghitung bunga deposito dari bank, tinggal diaplikasikan saja dengan baik sebagai bentuk investasi. Namun, jangan sampai salah dalam memasukkan nominalnya.

You might like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *